Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo merupakan jurusan yang berorientasi pada penyaiapan calon pendidik yang profesional di bidang pembelajaran bahasa Arab. Seorang calon guru bahasa Arab, di samping harus memiliki keterampilan dalam membelajarkan bahasa Arab, juga dituntut terlebih dahulu untuk menguasai konten bahasa Arab itu sendiri. Perwujudan hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi jurusan Pendidikan Bahasa Arab, karena latar belakang pendidikan menengah mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Arab sangat variatif. Untuk tahun 2018, sekitar 30% mahasiswa baru tidak memiliki latar belakang belajar bahasa Arab sebelumnya. Di antara mereka ada yang berasal dari Sekolah Menengah Umum (SMAN), Sekolah Menengah Kejuruan, baik teknik maupun Kesehatan. Fenomena ini membutuhkan strategi khusus untuk mensejajarkan kemampuan dasar bahasa Arab mereka dengan mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri maupun Swasta dan pondok pesantren.
Untuk mengatasi masalah kesenjangan pengetahuan dan keterampilan awal bahasa Arab mahasiswa baru tersebut, jurusan pendidikan bahasa Arab setiap tahun menjalankan program Pengembangan Keterampilan Dasar Bahasa Arab bagi Mahasiswa Baru. Program ini dilaksanakan selama dua semester dan menjadi program yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru. Kegiatan ini dijadwalkan secara rutin setiap hari selama dua semester. Untuk semester ganjil tahun akademik 2018/2019, mahasiswa baru dikelompokkan menjadi empat kelompok yang didampingi oleh team teaching masing-masing kelompok. Yang bertindak sebagai tenaga pengajar/instruktur pada program tersebut adalah mahasiswa senior yang telah lulus pada program serupa pada tahun-tahun sebelumnya dan melalui seleksi oleh pihak jurusan. Untuk memantapkan sistem pembelajaran tersebut, para pengajar/instruktur yang direkrut dari mahasiswa senior yang berprestasi, dilatih, baik aspek metodologi pembelajaran maupun konten materi bahasa Arab, dan dievaluasi secara berkala oleh pihak jurusan dan dosen pendamping yang telah ditunjuk oleh pihak jurusan. Pembelajaran dasar-dasar bahasa Arab dengan sistem pendampingan oleh kakak tingkatnya, didasarkan pada beberapa pertimbangan: Pertama, mengatasi keterbatasan dosen pengajar dan waktu dosen di jurusan pendidikan bahasa Arab; Kedua, memberikan kesempatan awal bagi para mahasiswa senior untuk berlatih untuk mengajar secara real teaching, sebagai penguatan mata kuliah Micro Teaching; Ketiga, kecenderungan mahasiswa baru merasa rileks dengan belajar dari teman sejawat dibandingkan dengan belajar langsung dari dosen; Keempat, melatih mahasiswa yang terpilih sebagai pengajar untuk memiliki rasa tanggung jawab menjalankan tugas yang dibebankan kepada mereka; Kelima, mengatasi pembiayaan program yang selama ini belum mendapat alokasi dari DIPA.
Berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh pihak jurusan Pendidikan Bahasa Arab, mahasiswa sangat antusias mengikuti program tersebut. Bahkan pada tahun akademik 2018/2019 ini, beberapa mahasiswa dari jurusan lain, seperti jurusan Ilmu Alqur’an dan Jurusan Ilmu Hadis ikut serta sebagai peserta aktif pada kegiatan tersebut. Ketua jurusan Pendidikan Bahasa Arab berharap, dengan program ini, mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar-dasar bahasa Arab, khususnya bahasa Arab komunikatif sebelum lebih jauh belajar tentang teori-teori bahasa Arab dalam berbagai sub disiplin ilmu bahasa Arab.
#kontibutor jurusan PBA