Chat Via WhatsApp
MENU

SAMBUTAN Ketua Jurusan

Sambutan Ketua Jurusan

DR. Damhuri, S.Ag, M.Ag

Jurusan PBA IAIN Gorontalo

Kelurahan Pone, Kec. Limboto, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo. 96219. Telp. (08124133234), Email. pbaiaingorontalo123@gmail.com.

08124133234
pbaiaingorontalo123@gmail.com

Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo tergolong masih muda. Gagasan pendirian Jurusan dan penyelenggaran Prodi PBA dimulai pada tahun 2005. Pada tahun 2007, Jurusan PBA FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo resmi memperoleh izin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan Nomor: DJ.I/178/2007 tanggal 20 April 2007. Pada tahun 2010, Jurusan PBA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo pertama kali mengajukan usulan Akreditas Jurusan Ke BAN-PT dan mendapatkan Akreditas B dengan SK. Nomor: 028/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010. Berkat kerja keras semua pihak dalam mendukung penguatan Prodi PBA, baik di lingkungan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab khususnya, maupun pihak fakultas dan Institut, maka pada tahun 2015, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab kembali mengajukan reakreditasi dan memperoleh Akreditas A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/XII/2015.

Dalam menyahuti kebijakan standarisasi kurikulum secara nasional, Jurusan PBA terus melakukan inovasi-inovasi dalam rangka penguatan Jurusan secara kelembagaan dan peningkatan mutu mahasiswa dan alumni sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan di bidang bahasa Arab.Kebijakan ini merupakan tantangan yang membutuhkan kerja keras untuk meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki daya saing baik di tingkat regional maupun nasional.

Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap Jurusan PBA tampak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Khususnya, karena Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo adalah satu-satunya Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Provinsi Gorontalo. Input mahasiswa terbesar selain dari Provinsi Gorontalo, berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Semoga kehadiran Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dapat membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat, khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Arab.

 

 

Ketua Jurusan : DR. Damhuri, S.Ag, M.Ag