Chat Via WhatsApp
MENU

PENGENALAN BUDAYA SEKOLAH BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

PENGENALAN BUDAYA SEKOLAH BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Dalam rangka menyahuti tuntutan Kurikulum Nasional (KKNI), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menurunkan mahasiswa ke beberapa madrasah di Kabupaten Boalemo dalam rangka memperkenalkan kepada mereka mengenai budaya di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diramu dalam Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1). Sebagai calon pendidik, mahasiswa diperkenalkan secara dini budaya sekolah secara langsung, sehingga mahasiswa terbiasa dengan budaya-budaya yang dikembangkan dalam sekolah, dan menjadi pengetahuan awal bagi mereka untuk menyiapkan diri dalam memasuki dunia sekolah setelah menyelesaikan studi  di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

            Peserta kegiatan PLP 1 adalah mahasiswa semester 3 (tiga) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang berjumlah 58 orang. Peserta kegiatan ini di enam madrasah di kabupaten Boalemo, meliputi: Madarah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Boalemo, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTs.N 1) Boalemo, Madrasah Ibtidaiyah al-Mukhlisin Tilamuta, Madrasah Aliyah al-Khairat Tilamuta, Madrasah Tsanawiyah al-Khairat Tilamuta, dan Madrasah Ibtidaiyah al-Khairat Tilamuta.

            Kegiatan yang dilaksanakan di sekolah mengacu pada Panduang Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pembelajaran  dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2017. Adapun kegiatan-kegiatan  yang dilaksanakan meliputi: latihan pengamatan langsung terhadap kultur sekolah, pengamatan struktur organisasi dan tata kelola sekolah, pengamatan peraturan dan tata tertib sekolah, pengamatan kegiatan-kegiatan seremonial formal di sekolah, pengamatan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler, pengamatan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah, serta keterlibatan langsung dalam kegiatan sekolah.

            Pihak madrasah tempat pelaksanaan PLP 1 menyambut dengan senang kehadiran mahasiswa PBA di madrasah. Menurut Erman Hubu, M.Pd, Kepala MAN 1 Boalemo, ‘Madrasah dan Perguruan Tinggi  dibutuhkan untuk senantiasa melakukan kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, baik mutu peserta didik maupun mutu kelembagaan. Pernyataan yang sama disampaikan oleh H. Lukmanul Hakim A, Lc, M.P.I., kepala MA al-Khairat Tilamuta.  Menurut Lukmanul Hakim, kehadiran mahasiswa di madrasah memiliki manfaat timbale balik, baik bagi pihak madrasah maupun Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu  Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo.  Sambutan yang hangat juga berasal dari seluruh kepala madrasah tempat pelaksanaan PLP 1 ini.

            Kegiatan PLP 1 Mahasiswa PBA FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo dilaksanakan selama 5 (lima) hari, terhitung sejak tanggal 23 – 27 September 2019. Setelah mahasiswa kembali ke kampus, rangkaian kegiatan ini akan dilanjutkan dalam ruang perkuliahan selama 1 (satu ) semester. Materi perkuliahan berkisar pada refleksi terhadap temuan mahasiswa di lapangan, dan pembuatan desain penanganan masalah untuk dilanjutkan pada PLP 2.

#kontributorpba         

           

KOMENTAR