Chat Via WhatsApp
MENU

KETUA JURUSAN PBA MEMBUKA KEGIATAN MUKHAYYAM ALQUR’AN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK IAIN Gorontalo Tahun 2019

KETUA JURUSAN PBA MEMBUKA KEGIATAN MUKHAYYAM ALQUR’AN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK IAIN Gorontalo Tahun 2019

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan menjadi ladang pahala bagi umat Islam. Dalam mengoptimalkan bulan suci ramadhan, masyarakat mengekspresikannya dengan sangat beragam. Bukan hanya dalam bentuk ibadah-ibadah mahdhah, tetapi juga ibadah-ibadah sunnah lainnya, termasuk ibadah-ibadah sosial.

          Mahasiswa jurusan pendididikan bahasa Arab tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga di bulan Ramadhan ini. Mahasiswa Jurusan PBA di bawah kordinasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, ikut memeriahkan bulan suci ramadhan dalam bentuk kegiatan mukhayyam Alquran (kemah Alquran). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperlancar dan menambah hapalan Alquran bagi mahasiswa PBA khususnya dan peserta lain yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan Bagian dari bentuk pembinaan karakter mahasiswa PBA IAIN Gorontalo.

          Menurut ketua Panitia, kegiatan Mukhayyam Alquran bukanlah hal yang baru bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan pada bulan suci ramadhan tahun lalu. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab, beberapa mahasiswa dari jurusan lain di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo, dan beberapa orang peserta dari sekolah/madrasah. Target kegiatan ini adalah, peserta mampu menyelesaikan hapalan, minimal dua juz dalam jangka waktu sepekan. Ketua Jurusan PBA FITK IAIN Gorontalo, dalam sambutannya sangat optimis target  tersebut dapat tercapai, sebab kegiatan serupa pada bulan Ramadhan tahun lalu berhasil mencapai target yang direncanakan panitia. Selain itu, ketua jurusan PBA menegaskan kepada peserta, agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena hapalan juz-juz tertentu dan beberapa ayat penting merupakan salah satu syarat wajib yang harus diselesaikan mahasiswa PBA sebelum ujian komprehensif. Mahasiswa yang tidak menyelesaikan kewajiban tersebut, tidak dapat melanjutkan kepada tahap ujian komprehensif dan skripsi.

          Setelah acara pembukaan, kegiatan diawali dengan pemberian materi oleh Dr. Hairuddin, Lc, M.Pd.I, yang terkait dengan langkah-langkah efektif dalam menghapal Alquran, serta cara memelihara hapalan yang sudah ada. Menurut Ketua HMJ PBA, kegiatan dijadwalkan menjadi beberapa sesi, antara lain sesi pengjapalan dan sesi penyetoran hapalan (tasmi’). Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, mulai pada tanggal 4 Ramadhan sampai 11 Ramadhan.

#kontributorpba

 

KOMENTAR