Chat Via WhatsApp
MENU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN GORONTALO MELAKUKAN PENGUATAN MELALUI PENGEMBANGAN JARINGAN ALUMNI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN GORONTALO MELAKUKAN PENGUATAN MELALUI PENGEMBANGAN JARINGAN ALUMNI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN GORONTALO MELAKUKAN PENGUATAN MELALUI PENGEMBANGAN JARINGAN ALUMNI

 

            Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo memasuki usianya yang ke-14 tahun. Dalam usia yang tergolong masih muda tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FITK IAIN Gorontalo senantiasa melakukan upaya-upaya dalam berbagai aspeknya. Hal ini dilakukan untuk memberikan jaminan kualitas terhadap mahasiswa dan para lulusan yang tersebar di berbagai daerah, khususnya di wilayah timur Indonesia.

            Dalam perjalanannya dalam mengemban tugas pendidikan, Prodi PBA IAIN Gorontalo sudah meluluskan lebih 160 orang lulusan sampai tahun 2019.  Jumlah tersebut merupakan sebuah kekuatan yang perlu diorganisir dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan program studi pada masa akan datang. Alumni PBA yang bekerja di berbagai sektor, khususnya sektor pendidikan sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi tentang kebutuhan-kebutuhan dunia kerja, yang selanjutnya akan diakomodir dalam pengembangan kurikulum pembelajaran.

            Berdasarkan tujuan tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, di samping mengadakan temu-temu alumni secara intensif, kali ini melakukan inovasi dengan menemui dan menelusuri alumni yang tersebar di daerah. Untuk menjaring aspirasi dan mendapatkan masukan yang bersifat membangun, program studi PBA IAIN Gorontalo mengadakan dialog terbuka, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Pebruari 2018 dengan mengambil lokasi di Danau Mooat Kotamobagu Sulawesi Utara. Dialog yang dihadiri oleh sejumlah alumni se-Sulawesi Utara tersebut melahirkan kesepakatan untuk saling bahu membahu dalam meningkatkan kuantitas jumlah input mahasiswa. Mengingat mayoritas alumni bekerja sebagai guru di madrasah/sekolah, baik negeri maupun swasta, maka penjaringan mahasiswa baru yang difasilitasi oleh alumni dipandang sangat efektif. Selain aspek input mahasiswa, para alumni sepakat untuk bekerjasama dalam hal pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kualitas guru bahasa Arab di madrasah/sekolah, dan membantu dalam melakukan trace studi tentang kualitas lulusan yang sudah terjaring di dunia kerja. Ketua Jurusan PBA IAIN Gorontalo sangat berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terlaksana pada masa-masa akan datang.

#kontributorpba

           

 

          

KOMENTAR