Chat Via WhatsApp
MENU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN GORONTALO MENJEMPUT CALON MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN GORONTALO MENJEMPUT CALON MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB MENJEMPUT CALON MAHASISWA BARU

        Penerimaan mahasiswa baru merupakan tradisi akademik yang secara rutin dilakukan oleh setiap perguruan tinggi setiap tahun, termasuk IAIN Sultan Amai Gorontalo. Sebagai bagian dari IAIN Sultan Amai Gorontalo, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab ikut serta mengambil bagian dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru IAIN Sultan Amai Gorontalo tahun akademik 2019/2010 sekaligus sosialisasi Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab kepada Masyarakat. Kegiatan sosialisasi ini diramu dalam bentuk Rihlah Ilmiah dengan melakukan kunjungan ke madrasah-madrasah Aliyah/yang sederajat di wilayah Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow Utara, Manado, dan Kotamobagu).

Kegiatan ini merupakan program Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang dilaksanakan bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendididikan Bahasa Arab. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan IAIN Gorontalo secara umum dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab secara khusus. Menurut Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, untuk penguatan kelembagaan, perlu didukung dengan input mahasiswa baru yang handal secara kualitas dan kuantitas. Oleh sebab itu, perlu ada gerakan Menjemput Mahasiswa Baru, dan tidak sekedar menunggu kehadiran mereka. Masih rendahnya kuantitas mahasiswa baru tidak sepenuhnya karena rendahnya minat calon mahasiswa baru untuk masuk ke IAIN, tetapi juga disebabkan masih banyaknya calon mahasiswa baru yang belum mengenal IAIN secara dekat.

Kegiatan Sosialisasi dan Rihlah Ilmiah ke Sulawesi Utara berlangsung dari tanggal 4 sampat 10 Pebruari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 32 mahasiswa dari semua angkatan, dan didampingi oleh seorang dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Hairuddin, Lc, M.Pd.I dan seorang calon dosen PBA yang juga merupakan alumni PBA IAIN Gorontalo, Moh. Zulkipli Paputungan, M.Pd. Rombongan PBA IAIN Gorontalo diterima dengan sangat positif oleh pihak sekolah yang dikunjungi dan membantu dalam kegiatan sosialisasi kepada siswa.

Kegiatan serupa juga telah dilakukan pada tahun sebelumnya, dan hasilnya terukur, yakni terjadinya peningkatan jumlah mahasiswa baru -+ 50% dari tahun sebelumnya. Di sela-sela kunjungan ke sekolah-sekolah, rombongan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab juga menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Manado. Hal ini dilakukan untuk mempererat hubungan antara PBA IAIN Gorontalo dengan PBA IAIN Manado, sekaligus menelusuri kemungkinan kerjasama dalam pengembangan mutu pendidikan bahasa Arab.

#kontributorpba

  

 

 

 

 

KOMENTAR